PEER REVIEW PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Prameswari, Noviardani Kartika PEER REVIEW PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. STKIP Bina Insan Mandiri. (Unpublished)

[thumbnail of Peer Review] Archive (Peer Review)
PEER REVIEW PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

TGT adalah salah satu model pembelajaran yang menitikberatkan pada keaktifan siswa, kreativitas siswa, kerjasama antar kelompok dan komunikasi antara siswa. Peneliitian ini menggunakan PTK, pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian yang dilakukan melalui tiga siklus dan setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN lidah Wetan 4 Surabaya yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes hasil belajar dan wawancara antara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama pembelajaran mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 71,15% pada siklus I; 77,88% pada siklus II; dan 80,28% pada siklus ke III. Aktivitas siswa mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 74,03% pada siklus I; 76,44% pada siklus II; dan 81,73% pada siklus III. Tes hasil belajar mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan rata-rata ketuntasan 46,91 pada studi awal, 52,57 pada siklus I; 70,14 pada siklus II; dan 84,82 pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Lidah Wetan 4 Surabaya.
Kata Kunci : IPS, Model Pembelajaran TGT, Hasil Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Noviardani Kartika Prameswari
Date Deposited: 13 Jun 2023 22:52
Last Modified: 13 Jun 2023 22:52
URI: http://repository.stkipbim.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item
View Item