Prameswari, Noviardani Kartika (2019) Hasil Cek PLAGIASI Penerapan Media Scribe Materi Hak Dan Kewajiban Warga Negara Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. STKIP Bina Insan Mandıra. (Unpublished)
![[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi PENERAPAN MEDIA SCRIBE MATERI HAK DAN KEWAJIBAN]](https://repository.stkipbim.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
hasil cek PLAGIASI Penerapan Media Scribe Materi Hak Dan Kewajiban.pdf - Other
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV yang disebabkan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan untuk proses belajar mengajar oleh guru. Dengan adanya penerapan media pembelajaran scribe maka siswa lebih termotivasi untuk belajar di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana pada penelitian ini terdapat dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi di setiap siklusnya. Sedangkan subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi dan angket. Pada hasil observasi aktivitas guru diperoleh dari hasil siklus I dengan skor 41 dengan presentase 64,0% berkategori baik, dan siklus II skor menjadi 61 dengan presentase 95,3% berkategori sangat baik maka dengan demikian observasi aktifitas guru dikatakan meningkat, pada hasil observasi aktivitas siswa siklus I dengan skor 35 dengan presentase 58,3% berkategori cukup, pada siklus II skor menjadi 57 dengan presentase 95,0% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu pada observasi aktifitas siswa dikatakan meningkat dengan menggunakan media scribe. Prosentase siswa yang memiliki motivasi belajar kategori baik dan sangat baik pada pra penelitian mencapai 40,0% berkategori kurang, prosentase pada siklus I menjadi 70.0% yang mempunyai kategori baik sehingga terjadi peningkatan dari pra penelitian ke siklus I sebesar 30,0%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 85,0% mempunyai kategori sangat baik, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,0%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penerapan media scribe dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia kelas IV di SDN II Pasinan.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Noviardani Kartika Prameswari |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 08:59 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 08:59 |
URI: | http://repository.stkipbim.ac.id/id/eprint/82 |