Prameswari, Noviardani Kartika (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Ed-Humanistics, 3 (1): 9. pp. 298-305. ISSN 2502-2709
![[thumbnail of artikel model pembelajaran TGT]](https://repository.stkipbim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
artikel model pembelajaran TGT.pdf
Download (2MB)
Abstract
TGT adalah salah satu model pembelajaran yang menitikberatkan pada keaktifan siswa, kreativitas siswa, kerjasama antar kelompok dan komunikasi antara siswa. Peneliitian ini menggunakan PTK, pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian yang dilakukan melalui tiga siklus dan setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN lidah Wetan 4 Surabaya yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes hasil belajar dan wawancara antara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama pembelajaran mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 71,15% pada siklus I; 77,88% pada siklus II; dan 80,28% pada siklus ke III. Aktivitas siswa mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 74,03% pada siklus I; 76,44% pada siklus II; dan 81,73% pada siklus III. Tes hasil belajar mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan rata-rata ketuntasan 46,91 pada studi awal, 52,57 pada siklus I; 70,14 pada siklus II; dan 84,82 pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Lidah Wetan 4 Surabaya.
Kata Kunci : IPS, Model Pembelajaran TGT, Hasil Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Noviardani Kartika Prameswari |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:41 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 04:41 |
URI: | http://repository.stkipbim.ac.id/id/eprint/71 |