PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Muhayanti, Erina Ika and Widayanti, Evi (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Other thesis, STKIP BINA INSAN MANDIRI.

[thumbnail of SKRIPSI ERINA IKA MUHAYANTI 1884202002] Archive (SKRIPSI ERINA IKA MUHAYANTI 1884202002)
SKRIPSI ERINA IKA MUHAYANTI FIX.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. Discovery learning merupakan model pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk menemukan sendiri pemahaman dari suatu permasalahan. Tujuan dari penerapan model pembelajaran discovery learning adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Hasil belajar yang dimaksud adalah nilai yang diperoleh dari hasil post test.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian yang diberikan menggunakan instrument tes berupa soal essay sebanyak 3 soal. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X TEI 1 SMK Negeri 1 Driyorejo tahun ajaran 2021/2022. Jumlah responden sebanyak 35, yang terdiri dari 30 siswa laki-laki dan 5 siswi perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang sudah dilakukan, diketahui bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dari 30% menjadi 89%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 59%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ronny Setiawan Martotenoyo
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:11
Last Modified: 14 Nov 2023 08:49
URI: http://repository.stkipbim.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item
View Item