Prameswari, Noviardani Kartika Hasil Cek PLAGIASI PELATIHAN PEMBELAJARAN NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI IGRA (IKATAN GURU RAUDHATUL ATHFAL) SIDOARJO. STKIP Bina Insan Mandiri. (Unpublished)
![[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]](https://repository.stkipbim.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
HASIL CEK PLAGIASI Pelatihan PEMBERDAYAAN NILAI-NILAI MORAL.pdf - Other
Download (1MB)
Abstract
Pelatihan Pembelajaran Nilai-nilai Moral Anak Usia Dini dengan Pendekatan Saintifik di IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Sidoarjo” bertujuan untuk memberikan tiga bekal pada mitra, yaitu : 1. Pemahaman dan wawasannya dengan pembelajaran nilai-nilai moral anak usia dini berdasarkan pendekatan saintifik; 2. Memberikan kemampuan dan keterampilan yang memadai tentang pembelajaran nilai- nilai moral anak usia dini dengan pendekatan saintifik sehingga pembelajaran akan semakin berhasil; 3. Kemampuan praktek langsung pembelajaran nilai-nilai moral anak usia dini dengan pendekatan saintifik. Mitra yang dilibatkan adalah 40 guru yang terdaftar di IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal). Metode pelaksanaan dengan menggunakan metode komprehensif, dalam arti melibatkan mitra sejak awal pelaksanaan sampai akhir pengabdian yakni dengan cara mengajak mitra mengidendifikasi persoalan-persoalan yang menyangkut kesulitan mitra dalam hal pembelajaran nilai-nilai moral anak usia dini. Disamping itu melibatkan mitra untuk ikut terlibat langsung dalam kegiatan dengan cara memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada mitra untuk bertanya, menanggapi dan berbagi pengalaman. Langkah kegiatan meliputi : 1. Orientasi materi dengan cara pemaparan materi oleh narasumber; 2. Memberikan contoh kongkrit pendekatan saintifik dalam pembelajaran nilai-nilai moral anak usia dini; 3. Memberikan praktek langsung pendekatan saintifik dalam pembelajaran nilai-nilai moral usia dini. Hasil kegiatan menujukkan tiga hal, yaitu : 1. Bertambahnya pemahaman dan wawasan yang komprehensif mitra tentang pembelajaran nilai-nilai moral anak usia dini dengan pendekatan saintifik, dibuktikan dari hasil wawancara 95 % mitra mengatakan pemahaman dan wawasannya bertambah; 2. Tingkat kemampuan dan ketrampilan mitra tentang pembelajaran nilai-nilai moral anak usia dini dengan pendekatan saintifik juga meningkat terbukti dari hasil wawancara 85% mitra meningkat kemampuan dan ketrampilannya; 3. Kemampuan mitra saat praktek langsung pembelajaran nilai-nilai moral anak usia dini dengan pendekatan saintifik juga memadai terbukti dari hasil observasi 85% mitra mampu melaksanakan praktek.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Noviardani Kartika Prameswari |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 08:59 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 08:59 |
URI: | http://repository.stkipbim.ac.id/id/eprint/156 |